4/27/2009

telepon aneh eps 1

Pernah lagi, waktu itu, disore nan basah dan hujan rintik-rintik, gue sedang berHS ria dikampus MIPA UNSOED tercinta. Semua lancar, menyenangkan. Bahkan telepon dari nomer tak dikenalpun sama sekali tidak membuat gue berprasangka buruk. Karena gue lagi happy.
“hallo…” gue menyapa dengan keramahan yang ekstra gara-gara guenya lagi heppy.
“hallo mas, siapa nih???” ada yang aneh nggak sih? Yang nelpon dia, yang nggak kenal gue, eh yang nanya siapa dia.
“hah?” gue bingung, keseleg laptop.
“ini siapa? Aku mau nanyain motor…”
“motor???”
“ini siapa? Dimana???”
Sumpah, gue bingung, gue yang bloon ato gue yang bodoh siii???
Akhirnya, dengan ketegaran dan berharap dia segera memutuskan sambungan teleponnya, gue jawab aja.
“egaf…”
“eka???”
“he… he eh, eka…” biar cepet.
“kamu dimana???”
“ini siapa sih? Salah sambung kali…”
“kamu dimana???”
“salah sambung mas…”
“sampean dimana???”
Pengen gue banting tuh hape, andai saja itu bisa membuat seseorang diseberang sana mati.
“aku di purwokerto…”
“purwokerto??? Ngapain???”
Terserah gue dong. Sumpah nih orang ngerusak mood gue banget…
“kuliah…”
“rumahnya???”
“batang…”
“batangnya mana mas? Temenku juga batang”
“tersono…”
“tersononya sebelah mana?”
“deket masjid. Ini siapa sih? Kayaknya salah sambung deh”
“enggak mas. Aku mau nanyain motor mas yang mau dijual…”
“???”
“tigernya tahun berapa mas?”
Tiger pala loe bau menyan… tiger sapa yang mau gue jual???
“tiger??? Salah sambung mas, saya nggak punya tiger. Mau jual tigernya siapa???”
“rumahnya sampeyan dimana mas? Barangkali lain kali saya bisa main. Saya pengen liat tigernya…”
Tigernya siapa yang mau diliat??? Ada juga onta noh dirumah gue…
“deket masjid…” gue semakin bet mood. Gue lemes nggak karuan nahan kentut.
“ya udah dulu mas. Nanti saya hubungi lagi kalo saya mau main…”
“ya udah. Main aja noh ama Tiger…”
“apa mas???”
“nggak…”
“yaudah deh yaa. Trimakasih mas…”
“sama-sama” sumpah muka gue udah butek.
“tapi tigernya belum laku kan mas???”
“tut-tut-tut” gue menutup perbincangan nggak jelas itu…
“Hahaha…” sejenak hati gue tertawa. Tapi gue nggak bisa menutupi bahwa gangguan tadi bener-bener bikin gue galak. Tiger??? Mimpi aja nggak pernah gue, ini tiba-tiba gue ditodong buat ngejual Tiger gue. Kalo toh gue punya, mending gue pelihara kali, gue kasih pupuk, gue siramin tiap hari, sapa tahu gue bisa beternak Tiger…
Gue pun kemudian pulang kekosan gara-gara udah malem ditambah mood gue yang udah dicabik-cabik oleh Tiger itu. Dan untungnya, sampai detik ini, itu mas-mas nggak pernah lagi meneror gue apalagi main ke rumah gue. Kalo sampai dia nelpon gue lagi dan nanyain tiger, gue bakal jawab.
“tigernya udah abis mas… tinggal ee’ tiger. Mau yang mana? Rendang, dendeng ato sup? Atau barangkali mas mau makan mentah-mentah? Pake nasi atopun jadi isi burger sama-sama enak lho mas. Digadoin juga boleh. Semuanya harganya sama…”
Edan edan, jaman memang sudah edan…
(masih dihari yang sama…)
Sampai dikosan, gue bersiap untuk tidur, tapi sebelumnya, gue otak-atik leptop dulu buat nonton hasil downloadan gue(eits,,, di kampus gue nggak bisa download yang biru-biru… jangan ngeres loe…)
Tapi tiba-tiba, HP gue bergetar lalu berdering.
Private number
Roman-romannya udah nggak enak banget. Akhirnya, dengan tangan dan kaki serta seluruh tubuh yang gemetaran, gue mengangkat telepon dari nomer tak dikenal itu.
“hallo…” gue sok manis.
“hallo. Mbak kunthi ada nggak mbak kunthi???” kata seseorang diseberang sana dengan nada yang cemas.
“mbak kunthi siapa yaa???” Gue garuk-garuk jidat.
“mbak kunthi, ada disitu nggak???”
“mbak kunthi yang mana? Salah sambung kali mas…”
“enggak kok. Ini bener nomernya. Mbak kunthi kerja di tempat sampeyan nggak?” orang itu nyrocos. Mungkin, orang disekitarnya sudah terkena serangan hujan local disana.
Gue diem…
“sampeyan dimana?”
“di puwokerto…”
“kok dipurwokerto? Ngapain???”
Selamat !!! anda orang nggak penting kedua yang nanyain ngapain gue di purwokerto…
Dan bego’nya lagi, gue pun lagi-lagi menjawab.
“kuliah…”
“oh… terus rumahnya dimana?”
“tersono…” bosen gue ditanya batangnya mana???
“lha mbak kunthi kerja ditempat sampeyan nggak???”
“enggak tahu. Salah orang kali pak…”
“enggak kok. Bener…” bapak-bapak yang berpendirian teguh…
Gue diem…
“tolong dong mas. Bilang ke mbak kunthi, suruh pulang cepet. Soalnya anaknya sakit parah” bapak itu semakin memohon.
Gue bingung mesti ngomong apa…
“yaudah mas. Nanti kalo ketemu mbak kunthi, bilangin anaknya sakit parah. Disuruh cepet pulang…”
Gue bengong.
“tut-tut-tut” bapak itu menutup percakapan.
Gue masih bengong…
Ajaib!!! hari ini benar-benar ajaib. Ada 2 manusia nggak jelas meneror gue. Mood gue seketika runtuh… gue pun mengingat-ingat. Apa mungkin emak gue mengangkat karyawan baru bernama mbak kunthi???
Mbak Kunthi. Iya, bener. Sependengaran gue si tadi begitu.
Kunthi???
K-U-N-T-H-I… kunthi
OH MY GOD !!!
Mungkinkah ini pertanda si kunthi kebelet boker dan memanggil gue???
Seketika, bulu kuduk gue berlari. Gue ketakutan bener-bener ketakutan. Gue membayangkan bahwa yang menelpon gue tadi adalah genderuwo, suaminya mbak kunthi. Dans ekarang, tuyul lagi sekarat gara-gara nggak bisa boker.
Gue begidik, nyess nyesss. TIDUR !!!
Dan ketika kusadari, hari telah pagi.
Esoknya aku tak mendengar apa-apa tentang kabar si tuyul. Kita doakan saja semoga arwahnya tenang di sisi-Nya… amien…

Entahlah, mungkin Chip SIM card gue punya bakat terpendam. Atau mungkin memang punya keahlian dan keterampilan khusus. . . entahlah, yang pasti sudah banyak kejadian janggal yang menimpa gue dan HP gue…

Tidak ada komentar: